Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester : I
Alokasi Waktu : 2 X 45 MENIT
STANDAR KOMPETENSI
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah
KOMPETENSI DASAR
4.2 Menulis surat dagang dan surat kuasa
INDIKATOR
Kognitif
Produk
Mendaftarkan jenis-jenis surat niaga
Proses
Menulis surat perjanjian jual beli dan surat kuasa sesuai dengan keperluan
Menuliskan kembali surat niaga hasil tulisan teman yang telah diperbaiki berdasarkan struktur kalimat dan EyD
Memperbaiki surat perjanjian jual beli dan surat kuasa hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD
Psikomotor
Menjelaskan isi surat jual beli dan surat kuasa
Afektif
Karakter
tanggung jawab
tekun
kreatif
kritis
b. Ketrampilan Sosial
Inisiatif dalam (kerja sama) kelompok
Berbahasa santun dan komunikatif
Partisipasi dalam (kerja sama) kelompok
TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
Proses
Setelah membaca contoh-contoh surat niaga, siswa secara berkelompok diharapkan dapat…
Menuliskan contoh surat jual-beli dan surat kuasa sesuai dengan keperluan
Produk
Setelah membahas dan mendiskusikan tentang isi surat jual beli dan surat kuasa, siswa secara berkelompok diharapkan dapat…
Memperbaiki surat perjanjian jual beli dan surat kuasa hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD
Psikomotor
Setelah menguasai hasil pencapaian tujuan produk di atas, siswa secara mandiri diharapkan dapat…
Menjelaskan isi surat jual-beli dan surat kuasa dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Afektif
Karakter
Dengan arahan, bimbingan, dan motivasi yang diberikan oleh guru siswa diharapkan dapat terlibat secara aktif dan produktif baik dalam proses pembelajaran di kelas pada umumnya maupun dalam melaksanakan tugas kelompok dan tugas mandiri pada khususnya dengan memperlihatkan kemajuan berprilaku positif yang meliputi tanggung jawab, dan kritis.
b. Kecakapan Sosial
Dengan arahan, motivasi, dan strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru di kelas siswa diharapkan dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran di kelas dengan menunjukkan kemajuan kecakapan sosial yang meliputi inisiatif dalam (kerja sama) kelompok, berbahasa santun dan komunikatif, dan partisipasi dalam (kerja sama) kelompok.
MATERI PEMBELAJARAN
Beberapa contoh surat perjanjian jual-beli dan surat kuasa.
Ciri-ciri surat dagang dan surat kuasa
Unsur-unsur surat dagang dan surat kuasa
MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran: pembelajaran langsung
Metode: Kooperatif, Presentasi.
BAHAN/MEDIA
Teks surat niaga
Lembar Kerja Siswa (LKS)
Kertas HVS
ALAT
Format Evaluasi:Proses dan Hasil
Pedoman Penilaian dan Penskoran
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No Kegiatan
A Kegiatan Awal (10) Menit)
Mengecek kesiapan siswa
Memotivasi siswa sebagai kegiatan appersepsi
Mengarahkan pemahaman siswa tentang surat dagang dan surat kuasa
B Kegiatan Inti (60 menit)
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok
Siswa secara berkelompok mendaftar jenis surat niaga
Siswa mengidentifikasi perbedaan antara surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
Siswa menulis surat perjanjian jual-beli dan surat kuasa sesuai dengan keperluan secara berkelompok
Siswa secara berkelompok mengoreksi hasil pekerjaan dari kelompok lain
Setiap kelompok mempresentasikan hasil koreksinya.
Siswa secara berkelompok memperbaiki hasil kerja kelompok lain.
C Kegiatan akhir (10 menit)
Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran hari ini.
SUMBER BELAJAR
Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Kelas XI
Teks Surat Jual beli dan Surat Kuasa
Buku LKS kelas XI
EVALUASI DAN PENILAIAN
Evaluasi
Evaluasi Proses: dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
Evaluasi Hasil: dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas, dan pengamatan unjuk kerja.
Penilaian
LKS
LP 1, LP2, LP3
Instrumen Soal.
Sebutkan jenis-jenis surat niaga!
Apakah perbedaan antara surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
LP1 Kognitif Produk:
Aspek penilaian skor
Siswa mendaftar jenis- jenis surat niaga Siswa mendaftarkan >5 jenis surat niaga 5
Siswa mendaftarkan < 5 jenis surat niaga 4
Siswa tidak mendaftarkan jenis surat niaga 0
Siswa menuliskan dengan benar perbedaan antara surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
Siswa menuliskan perbedaan antara surat perjanjian jual beli dan surat kuasa secara kurang benar
Siswa menuliskan perbedaan antara surat perjanjian jual beli dan surat kuasa secara tidak benar
Siswa tidak menuliskan perbedaan antara surat perjanjian jual beli dan surat kuasa secara 5
3
1
0
Jumlah skor maksimal 10
Jumlah skor = (skor perolehan)/(skor maksimal)×100
KUNCI Jawaban LP1:
Kunci jawaban skor
Jenis-jenis surat Niaga
Surat penawaran barang
Surat permintaan barang
Surat permintan penawaran barang
Surat pemesanan
Surat klaim (tuntutan ganti rugi)
Surat pengantar barang
Surat perjanjian (jual beli, kontrak, sewa menyewa, kerja sama, dsb)
Perbedaan surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
Surat perjanjian jual-beli dibuat oleh pihak penjual dan pihak pembeli. Di dalam surat tersebut dinyatakan secara tertulis kesepakatan antara kedua belah pihak. Surat tersebut berisi pernyataan secara tertulis mengenai kesepakatan yang menyatakan bahwa pihak penjual wajib menyerahkan barang dan berhak atas pembayaran barang itu. Sebaliknya, pihak pembeli berhak atas penerimaan barang dan wajib membayar harga barang itu kepada pihak penjual. Dalam surat perjanjian jual-beli, barang yang dapat diperjanjikan berupa barang bergerak seperti alat-alat perabotan dan kendaraan; dan barang-barang tidak bergerak atau barang tetap, contohnya adalah rumah, gedung, dan tanah.
Surat Kuasa adalah surat yang berisi pelimpahan wewenang dari seseorang atau pejabat tertentu kepada seseorang atau pejabat lain. Pelimpahan wewenang dapat mewakili pihak yang memberi wewenang.
5
5
LP 2 : Kognitif Proses
Tulislah contoh surat perjanjian jual beli/ surat kuasa dengan memperhatikan unsur-unsur surat dan EyD!
Catatan: skor penilaian hasil kerja siswa menggunakan rentang skor sesuai dengan bobot soal.
Aspek Penilaian Surat Kuasa/ Surat perjanjian jual beli Skor
Unsur-unsur surat lengkap dan Struktur Kalimat sesuai dengan EyD
Unsur-unsur surat kurang lengkap dan Struktur Kalimat sesuai dengan EyD
Unsur-unsur surat tidak lengkap Struktur Kalimat sesuai dengan EyD
Unsur-unsur surat len ngkap Struktur Kalimat kurang sesuai dengan EyD
Unsur-unsur surat lengkap Struktur Kalimat tidak sesuai dengan EyD
Unsur-unsur surat tidak lengkap Struktur Ka limat tidak sesuai dengan EyD 100
70
25
50
45
10
LP 3 Afektif: Berkarakter dan keterampilan Sosial
No. Nama siswa Aspek penilaian
Tanggung jawab Kritis Inisiatif Berbahasa santun dan komunikatif Partisipasi
1 Ahmad Haris
2 Amirudin
3 Anwar Maulana
4 Ardianti Ardinasari
5 Arindha Irawati A.
6 Arini Astarita T.
7 Aulawi M.
8 Desti Anastasyah
9 Desi Nurmaya Asri
10 Harianto
11 Irvan Yunandar
12 Ita Sugnilitas
13 Jusran Hatta
14 Kadir
15 La Ode Ofar Jayatno
16 La Ode Umar Saleh
17 M. Taufik
18 Muhammad Alimuddin
19 Muhammad Alsere BS.
20 Muh. Indra Mahputra
21 Muliani
22 Nur Indah Sari, S.
23 Nurul Faizah
24 Oning
25 Putri Enjelina
26 Rahmisha
27 Rendika Aji Pratama
28 Retno Wahyu Ningsih
29 Rosnawiah Bari
30 Rieski Prodeo
31 Riska Ningsih
32 Saing Hendra
33 Tesha Andrianyani
34 Vina Dwi Lestari
35 Wahyu Nurfitrah
36 Wawan Andiawan
PENILAIAN:
4 : SANGAT BAIK 2 : CUKUP
3 : BAIK 1 : KURANG
Kendari, Oktober 2011
Guru Pamong, Mahasiswa KKP/PPL,
BUDI HARSINI, S.Pd SITI ZULDA
NIP 590023764 STB. A1D1 08 029
Mengetahui
Kepala Sekolah,
ABD. RAHMAN M., S.Pd.I., M.Si
NIP 19620530 198703 1 010
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 6 Kendari
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI IPA/IPS
Semester : I
Alokasi Waktu : 4 X 45 MENIT
STANDAR KOMPETENSI
5. Memahami pementasan drama
KOMPETENSI DASAR
5.1 mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada pementasan drama
INDIKATOR
1. Kognitif
Proses
Menentukan tokoh, peran, dan watak pada pementasan drama
Menentukan konflik dengan menunjukkan data yang mendukung
Menentukan tema dengan alasan
Menentukan pesan dengan data yang mendukung
Produk
Merangkum isi drama berdasarkan dialog yang di dengar
Psikomotor
Mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari
Afektif
Karakter
tanggung jawab
kreatif
kritis
b. Keterampilan Sosial
berbahasa santun dan komunikatif
partisipasi dalam (kerja sama) kelompok
menyumbang ide
TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
Proses
Setelah mengamati/mendengarkan tampilan drama, siswa secara berkelompok mampu diharapkan dapat…
Menentukan tokoh, peran, dan watak pada pementasan drama
Menentukan konflik dengan menunjukkan data yang mendukung
Menentukan tema dengan alasan
Menentukan pesan dengan data yang mendukung
Produk
Setelah membahas dan mendiskusikan tentang kegiatan proses di atas, selanjutnya siswa diharapkan dapat:
Menuliskan rangkuman isi drama beradasarkan dialog yang telah diamati/didengar.
2. Psikomotor
Setelah menguasai hasil pencapaian tujuan proses di atas, siswa secara mandiri diharapkan dapat…
Menjelaskan kaitan isi drama dengan kehidupan sehari-hari
Afektif
Karakter
Dengan arahan, bimbingan, dan motivasi yang diberikan oleh guru siswa diharapkan dapat terlibat secara aktif dan produktif baik dalam proses pembelajaran di kelas pada umumnya maupun dalam melaksanakan tugas kelompok dan tugas mandiri pada khususnya dengan memperlihatkan kemajuan berprilaku positif yang meliputi tanggung jawab, kreatif, dan kritis.
b. Kecakapan Sosial
Dengan arahan, motivasi, dan strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru di kelas siswa diharapkan dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran di kelas dengan menunjukkan kemajuan kecakapan sosial yang meliputi berbahasa santun dan komunikatif, partisipasi dalam (kerja sama) kelompok, dan menyumbang ide.
MATERI PEMBELAJARAN
Tampilan drama:
Peristiwa
Penokohan
Konflik
Pesan
Amanat
Isi drama
MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran: Role playing
Metode: Diskusi Kelompok, inquiri, Presentasi,dan Penugasan
BAHAN/MEDIA
Tampilan drama
Naskah drama
Lembar Kerja Siswa (LKS)
ALAT
Format Evaluasi: Proses dan Hasil
Pedoman Penilaian dan Penskoran
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No Kegiatan
A Kegiatan Awal (10) Menit)
Mengecek kesiapan siswa
Memotivasi siswa sebagai kegiatan appersepsi
Mengarahkan pemahaman siswa tentang unsur instrinsik drama
B Kegiatan Inti
Pertemuan 1(70 menit)
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok
Guru mempertontonkan video drama
Siswa secara berkelompok berdiskusi untuk menentukan unsur-unsur instrinsik yang terdapat dalam drama yang ditonton
Setiap kelompok mempresentasekan hasil diskusinya
C Kegiatan akhir (10 menit)
1. Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran hari ini.
D Kegiatan Awal (10) Menit)
Mengecek kesiapan siswa
Memotivasi siswa sebagai kegiatan appersepsi
Mengarahkan pemahaman siswa tentang pertemuan sebelumnya tentang unsur intrinsik drama
E Pertemuan 2 (70 menit)
Siswa merangkum isi drama berdasarkan drama yang telah di tonton
Siswa mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari
F Kegiatan akhir (10 menit)
1. Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran hari ini.
SUMBER BELAJAR
Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Kelas XI
Teks Surat Jual beli dan Surat Kuasa
Buku LKS kelas XI
EVALUASI DAN PENILAIAN
Evaluasi
Evaluasi Proses: dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas peserta (siswa) dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
Evaluasi Hasil: dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas, dan pengamatan unjuk kerja.
Penilaian
Jenis tagihan penilaian
Tugas Individu : LKS
Tugas kelompok : LP2
Bentuk Instrumen
Instrumen penilaian :Essay, Format Pengamatan
Essay tes skor
Jelaskan unsur-unsur instrinsik yang terdapat dalam naskah drama Bunga rumah Makan!
Tokoh
Peran
Watak
Konflik
Pesan
20 20 20 20 20
Jumlah Skor 100
LP3 Afektif : Berkarakter dan Keterampilan Sosial
No. Nama
siswa Aspek penilaian
Tanggung
jawab Kritis kreatif Berbahasa santun dan komunikatif Partisipasi Menyubang ide
1
2
3
4
5
6
7 Dst.
Keterangan:
4 : Sangat Baik, 3 : Baik, 2 : Cukup, 1 : Kurang
Kendari, Oktober 2011
Guru Pamong, Mahasiswa KKP/PPL,
BUDI HARSINI, S.Pd SITI ZULDA
NIP 590023764 STB. A1D1 08 029
Mengetahui
Kepala Sekolah,
ABD. RAHMAN M., S.Pd.I., M.Si
NIP 19620530 198703 1 010
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 6 Kendari
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI IPA/IPS
Semester : I
Alokasi Waktu : 2 X 45 MENIT
STANDAR KOMPETENSI
5. Memahami pementasan drama
KOMPETENSI DASAR
Menganalisis pementasan drama bedasarkan teknik pementasan
C. INDIKATOR
1. Kognitif
Produk
Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak atau action para tokoh (mimic, pantomimic, dan blocking)
Proses
Menonton pementasan drama
Psikomotor
Menjelaskan tata busana, tata panggung, tata bunyi, tata lampu dalam pementasan drama yang ditonton
Afektif
Karakter
Kerjasama
Jujur
Tanggung jawab
Kreatif
Kritis
b. Keterampilan Sosial
Berbahasa santun dan komunikatif
Partisipasi dalam (kerja sama) kelompok
Menyumbang ide
TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
Produk
Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak, mimic, blocking.
Proses
Setelah membahas tentang kegiatan produk di atas, selanjutnya siswa diharapkan di ajak untuk
Menonton/mengamati pementasan drama
2. Psikomotor
Setelah pencapaian tujuan proses di atas, siswa secara mandiri diharapkan dapat:
Menjelaskan tata busana, tata panggung, tata bunyi, tata lampu
3. Afektif
Karakter
Dengan arahan, bimbingan, dan motivasi yang diberikan oleh guru siswa diharapkan dapat terlibat secara aktif dan produktif baik dalam proses pembelajaran di kelas pada umumnya maupun dalam melaksanakan tugas kelompok dan tugas mandiri pada khususnya dengan memperlihatkan kemajuan berprilaku positif yang meliputi tanggung jawab, kerjasama, jujur, kreatif, dan kritis.
b. Kecakapan Sosial
Siswa diharapkan dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran di kelas dengan menunjukkan kemajuan kecakapan sosial yang meliputi berbahasa santun dan komunikatif, partisipasi dala, kerjasama kelompok, dan menyumbang ide
MATERI PEMBELAJARAN
Pementasan drama:
Gerak
Mimic/pantomimic
Blocking
Tata panggung
Tata busana
Tata bunyi
Tata lampu
MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran: pembelajaran Langsung
Metode:Inquiri, diskusi Kelompok,dan Penugasan
BAHAN/MEDIA
Tampilan drama
Naskah drama
Lembar Kerja Siswa (LKS)
ALAT
Format Evaluasi: Proses dan Hasil
Pedoman Penilaian dan Penskoran
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No Kegiatan
A Kegiatan Awal (10) Menit)
Mengecek kesiapan siswa
Memotivasi siswa sebagai kegiatan apersepsi
Mengarahkan siswa untuk menceritakan tentang sinetron/film yang pernah ditontonnya
B Kegiatan Inti (70 menit)
Guru menjelaskan beberapa teknik yang penting dalam bermain drama
Siswa di pertontonkan video pementasan drama
Setelah menonton, siswa kemudian berdiskusi untuk menganalisis video yang telah ditontonnya berdasarkan gerak tokoh, mimik, blocking, tata busana, tata panggung, tata bunyi, dan tata lampu.
C Kegiatan akhir (10 menit)
Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran mengenai teknik-teknik dalam pementasan drama
Guru memberikan tugas pekerjaan rumah pada siswa untuk membaca teks drama yang terdapat dalam buku Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia untuk Kelas XI Program IPA dan IPS karya Abdul Somad, dkk. hal 109-111
SUMBER BELAJAR
Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Kelas XI
Buku LKS kelas XI
EVALUASI DAN PENILAIAN
Evaluasi
Evaluasi Proses: dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas peserta (siswa) dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
Evaluasi Hasil: dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas, dan pengamatan unjuk kerja.
Penilaian
Tugas Individu : LKS, LP 4
LP 4 : BERKARAKTER DAN KETERAMPILAN SOSIAL
No. Nama siswa Aspek penilaian Skor
total
Partisipasi Kritis Berbahasa
santun dan jelas
1
2
3 Dst…
Keterangan:
4 : Sangat Baik, 3 : Baik, 2 : Kurang baik, 1 : Tidak baik
Kendari, Oktober 2011
Guru Pamong, Mahasiswa KKP/PPL,
BUDI HARSINI, S.Pd Ilham bahar
NIP 590023764 STB. A1D1 08 029
Mengetahui
Kepala Sekolah,
ABD. RAHMAN M., S.Pd.I., M.Si
NIP 19620530 198703 1 010
0 komentar: